87. Nikmatilah Kopinya

Posted: 4 April 2011 in Catatan Runa ᔝ, Renungan Untuk Kita
Tag:, , ,

Tak jarang kita menggerutu dan menyesali keadaan. Begitu banyak
segi kehidupan yang membuat kita merasa tidak puas dan akhirnya melupakan pemberian Tuhan yang sangat berharga, yaitu kehidupan itu sendiri. Cerita berikut ini memberikan pelajaran penting agar kita tidak terlalu mempersoalkan mengenai cara Tuhan “mengemas ” kehidupan masing2 orang. Suatu hari beberapa alumni University California Berkeley yg sudah bekerja dan mapan dalam kariri, mendatangi profesor kampus mereka yg kini sudah lanjut usia. Mereka membicarakan bnyk hal yg menyangkut pekerjaan dan akhirnya mereka masing2 mengungkapkan keluhan serta protes terhadap pekerjaan maupun kehidupan mereka. Sang profesor lalu ke dapur dan membawa seteko kopi panas. Di sebuah nampan ia membawa bermacam2 cangkir. Ada yg terbuat dari kaca, kristal, melamin, beling dan plastik. Beberapa cangkir nampak indah dan mahal, tetapi ada juga yg bentuknya biasa2 saja dan terbuat dr bahan yg murah. “Silahkan masing2 mengambil kopi dan menungkannya sendiri. ” Sang profesor mempersilahkan. Setelah masing2 memegang cangkir berisi kopi, profesor itu berkata “Perhatikanlah semua, bahwa kalian memilih cangkir2 yg bagus dan yg kini tertinggal hanya cangkir2 yg murah dan tidak begitu menarik. Memilih yang terbaik adalah normal. Tetapi sebenarnya disitulah letak persoalannya. Ketika kalian tidak mendapatkan cangkir yang bagus, perasaan aklian menjadi terganggu. Kalian mulai melihat cangkir yg di pegang oleh orang lain dan membandingkannya dengan cangkir yang kalian pegang. Pikiran kalian terfokus pada cangkir, padahal yg ingin kalian nikmati bukanlah cangkirnya melainkan kopinya. ” Sesungguhnya kopi itu adalah kehidupan kita sedangkan cangkir adalah pekerjaan, jabatan, uang dan posisi yang kita miliki. Jangan pernah membiarkan cangkir yang merupakan wadah dari kopi tersebut mempengaruhi kopi yang ingin kita nikmati. Pekerjaan, jabatan dan status kita di dalam pekerjaan atau di masyarakat hanya merupakan “wadah ” yang seharusnya tidak mempengaruhi kualitas kehidupan kita. Orang boleh saja menaruh kopi di dalam cangkir kristal yang mahal yang mahal dan indah, tetapi belum tentu mereka dapat merasakan nikmat dari kopi tersebut. Artinya, ada sebagian orang yang menurut penglihatan jasmaniah kita begitu beruntung dan berbahagia, tetapi belum tentu mereka dapat menikmati indahnya karunia kehidupan yang di berikan Tuhan. Mari kita belajar menghargai dan mensyukuri hidup ini bagaimanapun cara Tuhan “mengemas ”nya untuk masing2 kita. Yang penting bagaimana kita menyikapi anugrah dan mengisinya dengan hal2 yang bener dan positif.

Iklan
Komentar
  1. xxcontinuexx berkata:

    no coment dah sama tulisan runa.

    bukan tulisan saye 🙂

  2. syechan baraqbah berkata:

    ajieb,,, klo daerah ane disebut “Qona’ah”.

    heumm dah hampir lupa arti qona’ah :malu :hammer

  3. bundamahes berkata:

    bisa disamakan dengan “don’t judge the book from it’s cover” ndak ya?

    bisa bunda 😀

  4. Erick MK berkata:

    Aku Mah Idem Aja.

    hehe

  5. Arumaarifu berkata:

    pagi ini juga ngopi pake gelas plastik aqua.. tp gelas bkn persoalan yg penting kopinya…

    benol.. Gelasnya mah cuma wadah doank :p

  6. fitr4y berkata:

    seringkali kita lupa,, lebih mementingkan wadah ketimbang isi …

    trims dah mengingatkan

    salam 🙂

    sama2 kak ^_^

  7. wew bener bgt, apapun wadahnya tapi isi yg kita nikmati tetap sama ..

    iyup 🙂

  8. firus by hacker berkata:

    miss runna, .. ..
    Makasih lagi atas seraman rohaninya benar-banar, bikin hidup lebih hidup, .. ..

    Aku makin ngefans nih, .. ..

    Runnnnnaaaaaa!!!
    Cium dong, .. ..
    Huahahahahaha, .. ..

    nah lho cium cium.. Neh cium capal haja wkwk

  9. abank berkata:

    tulisan yang bagus sis 🙂

    emm ^_^

  10. keren bgt run,
    5 jempol nih buat runa

    masi kurang 😀

  11. Ikky21 berkata:

    Setuju banget…

    ^_^ yucky

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s