71. Bersikap rendah hati dengan minta maaf

Posted: 10 Maret 2011 in Catatan Runa ᔝ, Renungan Untuk Kita
Tag:, ,

Terdapat dua keluarga yang bertetanggaan, sebutlah keluarga Adrian dan keluarga Rudy. Keluarga Adrian termasuk keluarga yang cukup harmonis…Sedangkan keluarga Rudy, seringkali bermasalah dalam kehidupan berumah tangganya…
Pada suatu hari, bertemulah si Rudy dan si Adrian, dengan rasa kesal…Rudy menceritakan salah satu kejadian yang selalu membuat rumah tangga mereka dalam kondisi kepanasan dan mau meledak-ledak.
Rudy pun bercerita….
Adrian, kamu tahu gak, tiap hari saya dibuat kesal sama keluarga saya, tiap hari ribut tiap hari ribut…pusing saya, gimana ga emosi, kemaren itu…saya lagi nonton tv, ibu lagi persiapkan makan malam, dan anak saya baru pulang ekstrakurikuler sekolah, karena haus, anak saya terburu-buru menenggak segelas air, dan ga lama pun terdengar “PRANGGGG”, piring di meja pun tersenggol….
Langsunglah si Ibu teriak : “Anakku, kamu ga punya mata yah, jelas-jelas itu piring ada di meja”
Karena anak saya sifatnya seperti ibunya, di sahutlah “Mama aja suka taruh piring sembarangan”.
Karena situasi sangat tegang, si mbok sang pembantu pun sedang menyaksikan tegangnya perdebatan itu…Disemprot lah si mbok “Hoi, mbok, dah di gaji ga tau diri, cuma ngeliatin doank, itu piring di beresin”.
Akhirnya makan malam pun siap, karena kejadian tadi, nafsu makan saya pun berkurang…eh, ga taunya saya kena semprot juga… “Papa gimana sih, masakan mama ga enak ya, udah lah mama capek2 masak, papa makannya sedikit, mama capek”
Saya pusing dan saya bilang aja “Terserah mama lah, tiap hari ribut, ga cukup apa, ribut2 mulu”
Ya akhirnya hari ini beneran istri saya ga masak…
Huahh…saya bingung kenapa sih selalu ribut, ga seperti kamu yang selalu damai dan tentram….
Kemudian pembicaraan di potong oleh Adrian
Haha….Rudy rudy…semua itu karena ke-tinggian-hati kalian masing…
Gini saya juga pernah kejadian….sama persis ama kamu rud…
Sama persis waktu itu saya lagi nonton, istri lagi masak, anak baru pulang dari maen bola…
karena haus, anak saya terburu-buru menenggak segelas air, dan lebih parahnya vas bunga kesayangan istri saya tersenggol….terdengar “PRANGGGG”,
Sebelum istri saya naik pitam, anak saya langsung meminta maaf
“Mom, maafkan saya mom, saya bener2 tidak sengaja memecahkan vas bunga kesayangan mom, saya bener2 minta maaf mom”
Karena Anak saya meminta maaf dengan tulus, si Ibu pun merespon : “Anakku, lain kali kamu harus lebih hati-hati ya, sudah ga apa-apa, masih bisa beli lagi”
Karena mempunyai sifat rendah hati, istri dan anak saya segera merapikan pecahan vas bunga itu…si mbok sang pembantu melihat situasi majikan mau membersihkan pecahan tersebut, tanpa pikir panjang si mbok bilang “Nya, den, udah biar mbok aja yang beresin, maaf nya,den, mbok dah tua, jadi agak lambat geraknya”
Akhirnya makan malam kami pun berlangsung dengan damai dan tentram
sebelumnya minta maap kalo kalimatnya agak acak2an…
yang pasti dari potongan cerita diatas…

janganlah bertinggi hati…
dan dengan meminta maaf (yang dimulai dari kita), semua kondisi dapat lebih terkendali…dan kemudian akan menjangkiti yang lainnya….
story from andywu

Iklan
Komentar
  1. Doni Al Siraj berkata:

    Wah..dapat cerita yang mencerahkan lagi…

    ^_^

  2. yasha berkata:

    tiga kata yg luar biasa..karena bisa menentramkan dunia dan menghangatkan hati….saya maafkan kamu!!tp jgn karena maaf bisa di minta kita bs seenaknya berbuat kesalahan….

    hu’um.. Lama ga jumpa yas, apa kbr? Hehe

  3. Rudria berkata:

    Runa ku tersayang kemana saja kamu selama ini !!!
    Aku sungguh rindu padamu, oh pujaan hatiku !!!
    (lebay mode on)
    Hehehe…
    Run gua seneng lo dah kembali, kemana aja ???

    =Salam Rudrina=

    woalah cempreng euy wkwk
    yah sjk update fw hp w jd ad sdkt mslh.. Mknya ga post hehe

  4. ean berkata:

    pertapaan runa ga sia2, tambah pinter,,

    hahahagz iya

  5. setiaonebudhi berkata:

    keren run..
    Beberapa hari gak posting,
    Begitu posting langsung mantap..
    Hehehe

    xixixi

  6. brigade81 berkata:

    org jwa bilg…memberi ma”f…” luhur wekasane”…

    jawa apa tho?

  7. Rewian berkata:

    meminta maaf adalah sifat yang sangat terpuji 🙂

    betol betol

  8. firus by hacker berkata:

    cuma butuh 1 kata dan 4 huruf, .. ..

    M-A-A-F

    ngomong sih gampang, .. ..

    Sms/coment juga tinggal ketik, .. ..

    tapi, maaf tidak sekedar ucapan dari kata-kata melainkan bukti dari penyesalan! .. ..

    Aku minta maaf kepadamu dan teman-teman lainnya, kalau ada kata-kataku selama ini yang menyakiti hatimu, .. ..
    Maaf, maaf, .. ..

    mm napa? Buang parangay kah? Haha

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s