Bawang Merah : Tips Mengupas & Khasiatnya by Resep Bunda

Posted: 14 Januari 2011 in Catatan Runa ᔝ
Tag:,

Sebagian orang menganggap bawang merah hanyalah bumbu dapur biasa. Kita sering menggunakan bawang merah untuk berbagai jenis masakan. Bahkan hampir semua jenis masakan Indonesia cocok menggunakan bumbu bawang merah. Akan tetapi, mengolah bawang merah kadang menyulitkan kita.

Mengupas Bawang Merah dengan Mudah

Yang sering menjengkelkan kita adalah saat kita mengupas bawang merah. Sering mata kita terasa perih dan berair saat mengupas bawang merah. Meski sudah dicoba agar bawang merah jauh dari mata kita, tetapi uapnya yang panas tetap saja membuat kita menangis. Hal ini dikarenakan bawang merah mempunyai getah yang mengandung asam sulfenat.

Nah ada sedikit trik agar kita terhindar dari rasa pedih itu. Caranya adalah membuang kedua ujung atas dan bawah bawang merah sebelum mengupasnya. Bawang merah juga bisa direndam dengan air es untuk beberapa saat agar getah bawah merah dapat diendapkan. Dengan demikian, zat yang membuat mata pedih tidak menguap ke udara. Pemilihan pisau juga perlu diperhatikan. Menggunakan pisau yang tajam akan mengurangi jumlah sel bawang merah yang pecah sehingga mengurangi uap yang keluar.

Jika Anda ingin mengupas bawang merah dalam jumlah besar, maka ada cara tersendiri. Pertama-tama, rendam bawang merah dalam wadah yang berisi air mendidih kemudian tutup rapat. Setelah dingin, tiriskan dan bawang merah dapat dikupas dengan mudah.

Khasiat Bawang Merah

Bawang merah punya khasiat tersembunyi bagi kesehatan. Penelitian modern memperlihatkan fakta bahwa bawang merah dapat mencegah diabetes. Ini tentu kabar baik buat penduduk Indonesia yang menempati rangking keenam di dunia sebagai penderita diabetes terbanyak. Bawang merah memiliki manfaat untuk menurunkan gula darah dan juga lemak darah. Khasiatnya tetap efektif meski bawang merah sudah dimasak dan dicampur ke dalam makanan.

Selain itu, bawang merah bermanfaat untuk mencegah darah tinggi, asma, serta memperbaiki pencernaan. Secara turun-temurun, bawang merah telah dipakai sebagai obat tradisional, seperti untuk membantu menurunkan panas. Selain itu, bawang merah dapat digunakan untuk mengeluarkan duri dari dalam kulit. Caranya bawang merah dibelah dua, lalu oleskan minyak kelapa, lalu bakar sampai hangat. Tempelkan pada bagian kulit yang terkena duri, maka duri akan muncul dan mudah untuk dicabut.

Nah ternyata dengan bumbu sehari-hari yang biasa kita olah, kita mendapatkan begiu banyak manfaat tanpa kita sadari. Silakan mencoba!
Asal

Iklan
Komentar
  1. silmamaharani berkata:

    http://resepbundapintar.com/ Bolehh di intipss (^_^) Tq . . . !!!

  2. Dyka berkata:

    Nice info, bs d cba nh.

  3. orange float berkata:

    saya malah kurang suka dengan bawang, paling dikit aja ngak berani banyak2 takut BB 😛

  4. Runa Van Error berkata:

    @kak faruq okey kak hehe

    @kafe yup kaf

  5. Admin [KAFEIN4U] berkata:

    wah ternyata gw kira cuman buuat bumbu doang wah thx bangt sobat 🙂

  6. faruq berkata:

    hehehe,.. no coment dah kalo yang ini,. bukan ahlinya sich,.
    kunjungan balik,..

  7. Runa Van Error berkata:

    @Kak faiz iya neh kak gonta ganti terus hehe
    @oto yup sama2

  8. Otomotif Plus berkata:

    lam kenal ya…..
    trims tlah berkunjung diblogku

  9. admin faiz08 berkata:

    thank infonya…

    wah temannya ganti lagi…
    lum nemu yang cocok ya?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s