Kamus Dari Istilah-Istilah Fitur Handphone Bag 1

Posted: 12 Januari 2011 in Catatan Runa ᔝ
Tag:

1. Push Email, pengertiannya adalah pesan email akan dikirimkan secara langsung ke email client sehingga memungkinkan si penerima menerima email tersebut secara realtime. Blackberry adalah salah satu contoh perangkat yang memiliki fasilitas push email karena Blackberry memiliki server sendiri untuk melayani pengiriman email tersebut.

2. Pull Email, mempunyai perbedaan dengan push Email dimana suatu email yang dikirimkan akan ditampung dulu ke dalam Email server dan kemudian akan dikirimkan ke penerima apabila email client atau pengguna meminta untuk dikirimkan email tersebut.

3. STN, Super Twisted Nematic adalah jenis layar ponsel yang menggunakan sistem kawat berbentuk vertikal/horizontal untuk menerangkan suatu pixel. Rata² ponsel CDMA masih menggunakan layar jenis ini. Kelebihannya, teknologi lebih murah dibanding layar TFT, namun kelemahannya pada kualitas tampilan kurang optimal.

4. TFT, singkatan dari Thin Film Transistor adalah jenis layar ponsel yang menempatkan transistor di tiap pixel layar sehingga menghasilkan gambar yang lebih tajam, terang dan respon yang cepat. Kelemahannya bahan dasar pembuatan lebih mahal dan konsumsi baterai lebih cepat dibanding layar STN.

5. TFD, akronim dari Thin Film Dioda yaitu jenis lain dari layar ponsel yang menempatkan dioda di tiap pixel layar dan menghasilkan kualitas gambar dan respon yang lebih baik dibanding layar jenis TFT. Konsumsi baterai rendah dan biaya lebih murah dibanding layar STN.

6. MMS, singkatan dari Multimedia Messaging Service, yaitu pengembangan dari pesan SMS dimana layanan tersebut dimungkinkan untuk penambahan suara, gambar, foto maupun video yang diselipkan pada suatu pesan.

7. Instant Messanging, sebuah teknologi dalam jaringan internet dimana para pengguna dapat mengirimkan pesan² singkat secara realtime kepada pengguna lain yang terhubung dalam jaringan yang sama. Contohnya adalah Yahoo Messenger, Google Talk, MSN, Windows Live Messenger. Beberapa software pendukung IM antara lain mig33, eBuddy.

8. HTML, Hyper Markup Language, yaitu bahasa standar dalam pembuatan website/situs. Sebuah website terdiri dari halaman² yang disebut dengan file html. Ponsel yang mendukung HTML berarti ponsel tersebut sudah dapat membuka halaman berbentuk website/wapsite.

9. xHTML, sedangkan xHTML adalah penggabungan bahasa HTML dan xML serta merupakan generasi berikut dari HTML. Jadi jika suatu ponsel sudah mendukung HTML dan xHTML maka ponsel tersebut dapat membuka halaman website dengan kedua format tersebut.

10. OLED, Organic Light Emitting Diode merupakan teknologi layar terbaru yang terdiri dari titik polimer organik yang memancarkan cahaya ketika dialiri listrik. Kelebihannya layar OLED tebih tipis, ringan, murah dan mengkonsumsi daya yang lebih sedikit. Namun layar tidak akan terlihat jelas saat berada dibawah sinar matahari.
Sumber

Iklan
Komentar
  1. Roni Kawasaki berkata:

    Tambah pengetahuan nich !

  2. Runa Van Error berkata:

    @Tengku iya makaseh
    met sore :p

    @yanete sama2 sist

    @kak admin okey meluncur ke tkp

    @kak roby, aku cewe kak masa d panggil mas hihi
    d coba geh kak
    ntar kalo bisa beritau aku
    wkwkwk

    @yuditav sip

    @remaja okey hehe

  3. hhe dapat informasi tentang hp lagi hahaha 😛

  4. yuditav69 berkata:

    wah.. Info yg bgus

  5. Roby berkata:

    Sip mas. . Tp mungkin ga ya, hp nokia 6680 ku yg layarnya sudah redup dganti dgn layar TFD atau OLED?

  6. yanete berkata:

    terimakasih telah berbagi pengetahuannya 😀

  7. tengku berkata:

    selamat pagi…!
    pagi yang cerah untuk berkunjung ketempat sahabat.
    Semoga hari ini lebih menyenangkan dari hari kemarin…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s